Ada Merah hingga Hitam, Ini Arti 5 Warna Hasil Scan PeduliLindungi

Saat ini aplikasi PeduliLindungi sudah banyak dipakai di beberapa tempat umum sebagai salah satu syarat masuk dan beraktivitas. Contohnya saja penerapan pemakaian aplikasi PeduliLindungi di pusat perbelanjaan, mall, supermarket, hypermarket, hingga bioskop. Pengunjung yang ingin masuk, wajib scan barcode dulu di pintu masuk dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Nantinya, petugas akan mengecek dan memastikan apakah hasil scan tersebut menyatakan kamu boleh masuk atau tidak. Sebagai informasi, ada lima warna yang akan ditampilkan oleh aplikasi PeduliLindungi dalam hasil scan itu. Kelimanya tentu memiliki arti yang berbeda. Lalu apa arti warna scan barcode PeduliLindungi? Nah, berikut ini informasinya untuk Kawan Puan.

Arti warna hijau yang muncul pada aplikasi PeduliLindungi setelah kamu scan barcode artinya boleh masuk. Warna hijau ini menunjukkan bahwa kamu sudah melakukan vaksinasi Covid 19 hingga dua dosis dan sedang tidak terinfeksi Covid 19. Dengan mendapat warna ini, Kawan Puan dapat melanjutkan aktivitas di ruang publik.

Warna kuning yang muncul pada aplikasi PeduliLindungi artinya petugas tempat tersebut akan memeriksa dan memastikan kembali apakah kamu bisa masuk atau tidak. Warna kuning ini artinya kamu sudah vaksinasi Covid 19 sebanyak satu dosis dan tidak sedang terinfeksi Covid 19. Untuk warna kuning, kamu masih dapat melanjutkan aktivitas.

Akan tetapi, kamu tetap harus mengikuti kebijakan yang ada di tempat tersebut. Status vaksinasi kamu berwarna merah ketika vaksinasi data pengguna tidak dapat ditemukan dan tidak sedang terinfeksi Covid 19. Jika mendapatkan warna ini, kamu tidak boleh masuk ke tempat umum dan dianjurkan untuk melakukan vaksinasi.

Warna hitam muncul ketika vaksinasi data pengguna tidak dapat ditemukan dan sedang terinfeksi Covid 19 atau kontak dengan kasus Covid selama kurang dari 14 hari. Kamu tidak boleh masuk ke tempat umum jika mendapatkan status vaksinasi dengan warna ini. Aplikasi PeduliLindungi kini banyak digunakan masyarakat untuk beraktivitas di ruang publik.

Saat kamu menggunakan akun PeduliLindungi untuk check in dan check out maka status data vaksinasi kamu akan ditampilkan. Data vaksinasi tersebut dilihat dari status vaksinasi, kondisi kesehatan saat terinfeksi Covid 19, hingga riwayat kontak dengan penderita Covid 19. Memuat data pribadi, Kawan Puan tak perlu khawatir mengenai keamanan data di aplikasi PeduliLindungi.

Pasalnya, data pribadi kamu tidak akan dibagikan oleh PeduliLindungi kepada perusahaan atau entitas apapun. Kecuali, instansi pemerintah yang ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai upaya pengendalian pandemi Covid 19. PeduliLindungi akan mengikuti aturan sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo mengenai Perlindungan Data.

Untuk itu, kerahasiaan data pribadi kamu akan aman karena mengikutiaturan ketat dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika. Nantinya, status vaksinasi ini akan diidentifikasi oleh pihak keamanan di fasilitas umum tersebut untuk mengatur dan meminimalkan jumlah pengunjung di lokasi. Jadi itu tadi ya, sedikit informasi mengenai arti warna hasil scan barcode aplikasi PeduliLindungi. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.