Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Kartu Kredit: Waktu Jatuh Tempo, hingga Biaya Tambahan

Beberapa orang menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran saat berbelanja atau melakukan transaksi lain. Kartu Kredit merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Dalam penggunaannya, kartu kredit memiliki kelebihan serta kelemahan yang akan didapatkan oleh penggunanya.

Salah satu kelebihannya yaitu, kartu kredit memudahkan penggunanya untuk tidak perlu membawa uang tunai saat melakukan kegiatan transaksi. Selain itu, kelemahan menggunakan kartu kredit, yakni seperti banyak biaya tambahan. Ketika menggunakan kartu kredit, terdapat beberapa jenis biaya yang perlu dibayarkan kepada perusahaan.

Biaya tersebut jumlahnya terhitung bisa lebih besar daripada menggunakan sarana peminjaman uang lainnya. Oleh karena itu, sebagai pengguna, diharapkan bijak dalam mengelola, serta mengetahui hal yang perlu dilakukan dalam menggunakan kartu kredit. Dilansir , sebagai pengguna kartu kredit, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

Tanggal cetak tagihan adalah tanggal dicetaknya lembar tagihan. Tanggal ini penting diketahui untuk merencanakan transaksi yang Anda ingin tagihkan pada bulan tertentu. Sebagai contoh, apabila tagihan bulanan Anda dicetak setiap tanggal 8, maka transaksi terakhir yang akan masuk pada bulan tagihan tersebut adalah tanggal 7.

Sementara itu, jika Anda ingin agar transaksi ditagihkan pada bulan selanjutnya, lakukan transaksi setelah tanggal 8. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal terakhir Anda harus melakukan pembayaran tagihan. Untuk menghindari beban bunga dan denda keterlambatan pada pemakaian kartu kredit, lakukanlah pembayaran secara penuh sesuai tagihan dan sebelum jatuh tempo.

Apabila Anda melakukan pembayaran melalui bank lain selain bank penerbit kartu kredit Anda, sebaiknya Anda menanyakan perkiraan waktu transaksi yang diperlukan agar pembayaran Anda tercatat . Hal tersebut dikarenakan, terdapat beberapa bank yang memerlukan waktu 1 2 hari untuk menyelesaikan pencatatan tersebut. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka tagihan Anda akan dikenakan bunga yang besarnya ditentukan oleh masing masing penerbit kartu kredit.

Tanggal transaksi adalah tanggal dilakukan transaksi, baik pembelanjaan, penarikan tunai, atau transaksi lainnya. Mengetahui tanggal transaksi adalah penting untuk Anda pantau guna menghindarinya terjadi transaksi yang tidak sesuai. Jumlah pembayaran yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit untuk menutupi tagihan bulan sebelumnya dapat dilakukan secara penuh atau minimum 10% dari total jumlah tagihan bulan berjalan atau sebesar jumlah tertentu.

Pada beberapa jenis kartu kredit, Anda juga bisa mengubah status kredit Anda supaya menjadi cicilan dengan bunga yang lebih ringan. Penggunaan kartu kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published.